Kamis, 02 Mei 2013

MAKALAH BAHAYA MINUMAN KERAS

Kata pengantar

     Segala puji dan syukur saya panjatkan kepada tuhan yang maha esa, karena atas berkat dan limpahan rahmatnyalah maka saya boleh menyelesaikan sebuah karya tulis dengan tepat waktu.Berikut ini penulis mempersembahkan sebuah makalah dengan judul "Bahaya minuman keras (Miras)", yang mmenurut saya dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita untuk mempelajari Bahaya minuman keras(Miras).Melalui kata pengantar ini penulis lebih dahulu meminta maaf dan memohon permakluman bila mana isi makalah ini ada kekurangan dan ada tulisan yang saya buat kurang tepat atau menyinggu perasaan pembaca.Dengan ini saya mempersembahkan makalah ini dengan penuh rasa terima kasih dan semoga allah SWT memberkahi makalah ini sehingga dapat memberikan manfaat.

SoE

 Penulis                                            

DAFTAR ISI



Cover Dalam…….………………………..……………………i
KATA PENGANTAR ………...………………………………ii
DAFTAR ISI ……………….…………………………………iii
Bahaya Minuman Keras(MIRAS)……………......…………….1                         Dampak Orang Yang Meminum minuman Keras…...…………3                          Efek samping Minuman Keras……………………...………….8                                                Tujuan Penulisan bahaya Minuman Keras……..……………..10                             Cara Menghindari Minuman Keras………….….…….………10                               Cara Mencegah Pengaruh Terhadap Minuman Keras….……. 12                                          Penutup……….……………………………………………… 13


BAHAYA MINUMAN KERAS
            Minuma keras adalah semacam minuman yang berbahaya dan membahayakan bagi orang yang meminumnya.Dalam sebuah hadis Nabi Muhammad SAW melaknat khamr atau minuman keras yang memabukan mencakup kepada sepuluh golongan:
1.yang memerasnya.
2.yang minta diperaskan.
3.yang meminumnya.
4.yang membawanya.
5.yang minta diantarkan.
6.yang menuangkanya.
7.yang menjualnya.
8.yang makan hasil penjualannya.
9.yang membelinya.
10.yang minta di belikan.
*Demikian salah satu hadist riwayat At Tirmidzi dan Ibnu Majah.
Al khamr secara bahasa artinya tertutup,yang diambil dari kosa kata khimaryang Berarti kerudung (Penutup Kepala) dan katakhamr yang berarti minuman yang memabukan atau minuman keras (Miras).Demikianlah orang yang mengkonsumsi khamr menyebabkan akalnya tertutup sehinga tidak bias mengingat dirinya atau mambuk.Rasululah SAW menetapkan khamr (Miras)tidak semata dari bahan untuk membuat khamr (Miras),tetapi lebih dari pengaruh yang ditimbulkan,yaitu memabukkan.
Miras (Minuman Keras),apapun nama yang digunakan oleh manusia tetapi dapat membuat manusia mabuk,hilang akal,seperti Ganja,Arak Toak dan sejenisnya. Hukumnya adalah haram khamr didefenisikan oleh Rasulullah SAW adalah sesuatu yang memabukan yang dapat mengakibatkan hilangnya akal.Padahal akal adalah organ mulia anugerah allah Subhanahu wa ta’ala untuk mengontrol gerak gerik anggota tubuh.Maka hukum islam menegaskan meminum khamr baik sedikit apalagi banyak hukumnya adalah haram. Rasulullah SAW bersabda”Minuman apapun kalau banyaknya itu memabukan,Maka sedikitnya pun adalah HARAM”(HR.Ahmad ,Abu Daud,dan Tirmidzi)


Minuman keras terbagi dalam 3 golongan yaitu:
-Gol A bekadar 01%-05%
-Gol B berkadar 05%-20%
-Gol C berkadar 20%-50%
Beberapa jenis minuman keras beralkohol dan kadar yang terkandung di dalamnya:
-Bir,Green Sand 1%-5%
-Martini,Wine (Anggur) 5%-20%
-Whisky,Brandy 20%-55%


Dampak Orang yang meminum minuman beralkohol
1.   Aspek Fisik (Kesehatan Fisik/Fisiologis)

Dampak minuman beralkohol antara lain akan menimbulkan kerusakan hati, jantung, pangkreas dan peradangan lambung, otot syaraf, mengganggu metabolisme tubuh, membuat penis menjadi cacat, impoten serta gangguan seks lainnya.



A.Bagaimana alkohol merusak hati

Kerusakan organis yang disebabkan oleh penggunaan alkohol secara terus menerus seringkali bersifar fatal. Organ tubuh yang paling sering mengalami perubahan struktural akibat alkohol adalah hati. Secara normal, hati memiliki kemampuan untuk menahan zat aktif dalam bagian selularnya. Dalam kasus keracunan berbagai senyawa beracun, kami menganalisis seolah-olah hati merupakan sentral dari benda-benda asing. Hal ini sama halnya dengan alkohol.

Hati seorang pecandu alkohol tidak pernah terbebas dari pengaruh alkohol dan seringkali dipenuhi olehnya. Stuktur kapsular atau selaput yang kecil dari hati terkena dampak dari alkohol sehingga mencegah dialisis dan sekresi yang seharusnya. Hati menjadi besar karena dilatasi pembuluh-pembuluhnya, tambahan zat cair dan penebalan jaringan.

Hal ini diikuti dengan kontraksi selaput dan penyusutan bagian-bagian selular dari keseluruhan organ. Kemudian bagian bawah pecandu alkohol menjadi dropsikal dikarenakan gangguan pada pembuluh darah yang membawa arus balik darah. Struktur hati dipenuhi sel-sel lemak dan mengalami apa yang secara teknis ditunjuk sebagai ‘lemak hati’.

b. Bagaimana alkohol merusak ginjal

Ginjal juga menderita akibat konsumsi alkohol yang berlebihan. Pembuluh darah ginjal kehilangan elastisitas dan kekuatan untuk kontraksi. Struktur-struktur yang kecil di dalam ginjal pergi melalui modifikasi lemak. Albumin dari darah mudah melewati selaput mereka. Hal ini menyebabkan tubuh kehilangan kekuatannya seperti seolah-olah tubuh kehabisan darah secara bertahap.

c. Kemampatan paru-paru

Alkohol menenangkan pembuluh darah paru-paru dengan mudah karena mereka yang paling terkena fluktuasi panas dan dingin. Ketika mengalami efek dari variasi suhu atmosfer yang cepat berubah, mereka menjadi mudah sesak. Selama musim dingin yang parah, kemampatan paru-paru yang fatal dengan mudah mempengaruhi seorang pecandu alkohol.

d. Alkohol melemahkan jantung

Konsumsi alkohol sangat mempengaruhi jantung. Kualitas struktur selaput yang menyelubungi dan melapisi jantung berubah dan menebal menjadi seperti tulang rawan atau berkapur. Kemudian katup kehilangan keluwesan mereka sehingga yang disebut dengan gangguan katup menjadi permanen. Struktur lapisan pembuluh darah besar dari jantung juga mengalami perubahan struktur yang sama sehingga pembuluhnya kehilangan elastisitas dan kekuatan untuk menyuplai jantung dengan kemunduran dari proses menggelembung-nya, setelah jantung lewat denyutannya, telah mengisinya dengan darah.


Sekali lagi, struktur otot jantung gagal karena perubahan degeneratif dalam jaringannya. Unsur-unsur dari serat otot diganti oleh sel lemak atau jika tidak jadi diganti, merupakan diri mereka sendiri yang ditransfer ke dalam tekstur otot yang telah dimodifikasi sehingga kekuatan kontraksinya berkurang drastis.

Mereka yang menderita kerusakan organis dari organ pusat dan organ pengaturan sirkulasi darah menyadarinya secara diam-diam, hal tersebut sulit terlihat sampai pada kerusakan yang lebih parah. Mereka menyadari kegagalan pusat kekuatan dari penyebab-penyebab ringan seperti kelelahan, kesulitan istirahat yang cukup dan dapat terlalu lama tidak menyentuh makanan.

Mereka merasakan apa yang mereka sebut dengan istilah "tenggelam", namun mereka tahu bahwa anggur atau stimulan jenis lain akan meredakan sensasi tersebut dengan cepat. Jadi mereka berusaha menghilangkan hal tersebut sampai akhirnya mereka menemukan bahwa cara tersebut telah gagal.

Jantung yang setia, telah bekerja terlalu keras dan menjadi payah sehingga tidak dapat bekerja lagi. Jantung tersebut telah habis masanya dan pengatur aliran darah telah rusak. Arus balik bisa membanjiri jaringan secara bertahap membendung jalannya atau berhenti sepenuhnya di pusat hanya dengan kejutan ringan atau dengan gerakan berlebihan.


e. Gangguan Bagi wanita

Minuman beralkohol selama ini memang identik dengan minuman pria tapi saat ini semakin banyak kaum wanita yang mulai keranjingan menenggak alkohol. Padahal, dalam konsumsi berlebih minuman beralkohol lebih berdampak buruk untuk kaum hawa.

Kenyataan penelitian menyebutkan bahwa kaum wanita ternyata lebih cepat mabuk, para dokter mengingatkan bahwa penyakit-penyakit yang berkaitan dengan alkohol lebih cepat muncul pada wanita.

Otak perempuan alkoholik dapat mengalami kerusakan, terutama pada fungsi syaraf kognitifnya. Namun bukan berarti pria alkoholik terbebas dari masalah. Perempuan alkoholik memiliki hasil tes yang buruk dalam hal memori visual, fleksibilitas kemampuan kognitif, penyelesaian masalah dan perencanaan.

Selain merusak syaraf otak, alkohol juga merusak bagian liver. Lagi-lagi dampak kerusakannya lebih cepat terjadi pada perempuan dibanding pria. Komposisi air dalam tubuh wanita lebih sedikit dibanding pria. Pada tubuh pria terdapat 65 persen air, sedangkan wanita hanya 55 persen sehingga wanita lebih mudah mabuk. Alkohol diserap ke dalam darah kemudian dibawa oleh air ke dalam sel. Nah karena air dalam tubuh wanita lebih sedikit, maka konsenstrasi alkohol dalam darah lebih tinggi meski mereka minum dalam jumlah yang sama dengan pria. Walaupun organ hati kaum wanita tidak sensitif pada alkohol, namun konsentrasi alkohol dalam tubuh wanita yang tinggi itu akan membuat liver wanita lebih cepat rusak dibanding pria.

Dampak alkohol pada metabolisme wanita berbeda dengan pria. Selain itu, tubuh pria lebih banyak memiliki kandungan air sehingga dapat mengurangi dampak alkohol. Alasan lain yang dikemukakan adalah enzim yang mengubah alkohol menjadi materi inaktif lebih sedikit pada perempuan. Jika wanita dan pria yang berat badannya sama diberikan alkohol dalam jumlah yang sama, kadar alkohol dalam darah wanita tiga kali lebih tinggi.

Selain itu, penyalahgunaan alkohol juga dapat menyebabkan kekurangan gizi dan menurunkan ketahanan terhadap penyakit, sekaligus memberikan dampak yang buruk pada penampilan Anda. Tidak seorang pun dapat mengatakan dengan pasti, tetapi pantang minum alkohol mungkin menjadi salah satu cara seorang wanita dapat tetap sehat dan tampak lebih muda lagi.Konsumsi minuman beralkohol bagi wanita yang sedang hamil akan merusak sang jabang bayi. Konsumsi itu akan berdampak pada kemampuan kognitif anak dikemudian hari. Selain masalah koginitif anak yang lahir dari seorang ibu yang mengkonsumsi minuman beralkohol saat hamil juga akan mengalami masalah dengan rendahnya perhatian dan reaksi.

Berikut ini adalah pengaruh buruk akohol bagi kesehatan yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya :
  1. Mabuk : Konsumsi alkohol yang banyak dapat membuat mabuk dan menyebabkan korban mengalami sakit kepala, mual, muntah serta nyeri pada bagian tubuh tertentu.
  2. Berat badan naik : Karena pada umumnya minuman beralkohol memiliki kadar kalori dan gula yang tinggi.
  3. Tekanan darah tinggi : Alkohol merupakan pemicu tekanan darah.
  4. Sistem kekebalan tubuh menurun : Dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, maka tubuh anda akan mudah terserang infeksi.
  5. Kanker, penyakit jantung, gangguan pernafasan & gangguan hati : Semakin sering dan semakin banyak jumlah alkohol yang anda konsumsi, semakin besar pula resiko anda terjangkit kanker, penyakit jantung, gangguan pernafasan dan gangguan pada organ hati.

2. Dampak Gangguan Jiwa (Psikologis)
Dapat merusak secara permanen jaringan otak sehingga menimbulkan gangguan daya ingatan, kemampuan penilaian, kemampuan belajar dan gangguan jiwa tertentu.
  1. Gangguan Daya Ingat. Gangguan ingatan biasanya merupakan ciri yang awal don menonjol pada demensia, khususnya pada demensia yang mengenai korteks, seperti demensia tipe Alzheimer. Pada awal perjalanan demensia, gangguan daya ingat adalah ringan dan paling jelas untuk peristiwa yang baru terjadi.
  2. Orientasi. Karena daya ingat adalah penting untuk orientasi terhadap orang, waktu dan tempat, orientasi dapat terganggu secara progresif selama perialanan penyaki Demensia. Sebagai contohnya, pasien dengan Demensia mungkin lupa bagaimana kembali ke ruangannya setelah pergi ke kamar mandi. tetapi, tidak masalah bagaimana beratnya disorientasi, pasien tidak menunjukkan gangguan pada tingkat kesadaran.
  3. Gangguan Bahasa. Proses demensia yang mengenai korteks, terutama demensia tipe Alzheimer dan demensia vaskular, dapat mempengaruhi kemampuan berbahasa pasien. Kesulitan berbahasa ditandai oleh cara berkata yang samar-samar, stereotipik tidak tepat, atau berputar-putar.
4.      Perubahan Kepribadian. Perubahan kepribadian merupakan gambaran yang paling mengganggu bagi keluarga pasien yang terkena. Pasien demensia mempunyai waham paranoid. Gangguan frontal dan temporal kemungkinan mengalami perubahan keperibadian yang jelas, mudah marah dan meledak – ledak.
  1. Psikosis. Diperkirakan 20 -30% pasien demensia tipe Alzheimer, memiliki halusinasi, dan 30 – 40 % memiliki waham, terutama dengan sifat paranoid atau persekutorik dan tidak sistematik..

Efek  samping yang di timbulkan:
  Tergantung dari jumlah / kadar alcohol yang dikonsumsi.Dalam jumlah yang kecil,alkohol menimbulkan perasaan relax, dan pengguna akan lebih mudah mengekspresikan emosi,seperti rasa senang,rasa sedih dan kemarahan,Mulut terasa Kering. Pupil mata membesar dan jantung berdenyut kencang.Mungkin pula akan timbul rasa mual.Bisa juga Efek yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi alcohol dapat dirasakan segera dalam waktu beberapa menit saja,tetapi efeknya berbeda-beda,pada awalnya timbul kesulitan bernafas (untuk itu di perlukan sedikit udara segar).
       Jenis reaksi fisik tersebut biasanya tidak terlalu lama.Selebihnya akan timbul perasaan seolah-olah kita menjadi hebat dalam segala hal dan segala perasaan malu menjadi hilang.Kepala terasa kosong,rileks,dan suka pada saat keadaan mabuk,kita merasa membutukan teman mengobrol,teman bercermin,dan juga untuk menceritakan hal-hal rahasia.semua perasaan itu akan berangsur-angsur menghilang dalam waktu 4 sampai 6 jam.setelah itu kita akan merasa sangat lelah dan tertekan.Bila dikonsumsi lebih banyak lagi,akan muncul efek sebagai berikut:merasa lebih bebas lagi mengekspresikan diri,tanpa ada perasaan terhambat menjadi emosiona (sedih,senang,marah secara berlebihan)muncul akibat ke fungsi – motorik,yaitu bicara cadel,pandangan menjadi kabur,sempoyongan,inkoordinasi motorik dan bias sampai tidak sadarkan diri.Kemampuan mental mengalami hambatan, yaitu gangguan untuk memusatkan perhatian dan daya ingat tergangu.Pengguna biasanya merasa dapat mengendalikan diri dan mengontrol tingkahlakunya.Pada kenyataan mereka tidak mampu mengendalikan diri seperti yang mereka bisa. Oleh sebab itu banyak ditemukan kecelakaan mobil yang disebabkan karena mengendarai mobil dalam keadaan mabuk.Pemabuk atau pengguna alcohol yang berat dapat terancam masalah kesehatan yang serius seperti radang usus,penyakit liver,dan kerusakan otak.kadang-kadang alcohol digunakan dengan obat-obatan berbahaya ,sehinga efeknya jadi berlipat ganda.bila ini terjadi,efek keracunan dari penggunaan kombinasi akan lebih buruk lagi dan kemungkinan mengalami over dosis akan lebih besar.
       Tidak mengherankan bila agama islam memandang khamr sebagai ummul khabaa-its atau sumber segala perbuatan keji dan mifathu kulli syarrin yakin kunci segala kemaksiatan manakala akal sudah tertutup oleh pengaruh khamr adalah lumrah bagi seseorang bertindak di luar control.Tindak kejahatan akan dilakukan,seperti perkelahian,pembunuhan,kejahatan ,menggangu ketentraman  dan meresahkan lingkungan.
      

       Al-Quran memerintahkan manusia untuk menjauhi atau mengharamkan khamr ini,sebagai di wahyukan oleh Allah SWT dalam surat Al-Maidah ayat 90-91,”Hai orang-orang yang beriman,sesunguhnya khamr,judi,berkorban untuk berhala,mengundi nasib dengan anak panah adalah perbuatan keji dan merupakan perbuata syetan. Maka jauhilah perbuaatan-perbuatan itu agar kamu memperoleh keberuntungan.Sesungguhnya syetan itu hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran khamr dan berjudi itu ,dan hendak menghalang halangi kamu dari mengingat Allah dan shalat,maka berhentilah kamu”
           
Dari makna ayat Al-Quran ini dapat disimpulkan secara sempurna bahwa.khamr (miras) adalah rijsun,sesuatu yang keji dan kotor (najis).khamr(miras) adalah perbuatan syetan.khamr(miras)selalu menyeret kepada tindak kejahatan ,permusuhan,dan kebencian di antara manusia.Khamr (miras) menghalangi manusia dari berbuat baik,menjauhkan manusia dari berzikir kepada Allah dan menghalangi manusia untuk mendirikan shalat.Selanjutnya khamr (miras) dalam segala bentuk dan kadarnya adalah haram. Demikian Allah SWT mengharamkan dan memerintahkan kepada manusia untuk menjauhinya,semata untuk keselamataan mausia itu juga adanya. Bila dikonsumsi berlebihan, minuman beralkohol dapat menimbulkan efek samping ganggguan mental organik (GMO), yaitu gangguan dalam fungsi berpikir, merasakan, dan berprilaku. Timbulnya GMO itu disebabkan reaksi langsung alkohol pada sel-sel saraf pusat. Karena sifat adiktif alkohol itu, orang yang meminumnya lama-kelamaan tanpa sadar akan menambah takaran/dosis sampai pada dosis keracunan atau mabuk.
Mereka yang terkena GMO biasanya mengalami perubahan perilaku, seperti misalnya ingin berkelahi atau melakukan tindakan kekerasan lainnya, tidak mampu menilai realitas, terganggu fungsi sosialnya, dan terganggu pekerjaannya. Perubahan fisiologis juga terjadi, seperti cara berjalan yang tidak mantap, muka merah, atau mata juling. Perubahan psikologis yang dialami oleh konsumen misalnya mudah tersinggung, bicara ngawur, atau kehilangan konsentrasi.
Efek samping terlalu banyak minuman beralkohol juga menumpulkan sistem kekebalan tubuh. Alkoholik kronis membuat jauh lebih rentan terhadap virus termasuk HIV.
Mereka yang sudah ketagihan biasanya mengalami suatu gejala yang disebut sindrom putus alkohol, yaitu rasa takut diberhentikan minum alkohol. Mereka akan sering gemetar dan jantung berdebar-debar, cemas, gelisah, murung, dan banyak berhalusinasi

Tujuan penulisan Bahaya Minuman Keras
       Tujuan penulisan Bahaya Minuman keras ialah Agar Manusia tidak meminum minuman beralkohol,karena meminum minuman beralkohol tidak di perbolehkan oleh Agama dan juga berakibat mabuk atau hilang kontrol
Cara menghindari Minuman Keras
Minuman keras atau minuman beralkohol merupakan minuman yang dilarang baik oleh agama maupun pemerintah. Tapi di kalangan masyarakat, sudah bukan rahasia lagi kalau masih saja banyak orang yang mengkonsumsi miras.Demikian juga dilingkungan remaja misalnya, tidak munafik saya sendir dulu juga sempat terjerumus menjadi pengguna aktif minuman haram ini. Cara menghindari miras sendiri sebenarnya susah-susah gampang, tergantung niat kita sebagai individu.Kalau kita dapat membatasi pergaulan dengan mereka pemakai miras, tentu kita juga dapat menghentikan diri untuk tidak ikut mengkonsumsi miras lagi. Membatasi pergaulan bukan berarti harus menjauhi peminum tersebut, kita bisa saja tetap bergaul dengan mereka tapi tentang kebiasaan-kebiasaan buruk seperti minum minuman beralkohol kalau bisa jangan di ikuti.Selain faktor lingkungan, faktor dari dalam diri sendiri juga penting kalau mau berhenti mengkonsumsi minuman keras.
Karena kalau kita mau benar-benar 'niat' untuk berhenti melakukan hal negatif, pasti suatu saat akan ada jalan.Itulah sedikit ulasan tentang bagaimana cara menghindari miras, semoga mereka para pengguna miras segera sadar kalau minuman tersebut tidak bermanfaat tapi malah dapat menimbulkan akibat buruk pada tubuh dan dilarang oleh agama.
Dalam ilmu kimia alkohol adalah sebutan untuk senyawa kimia organik yang mengandung gugus hidroksil (-OH) dan terikat pada atom karbon. Atom karbon tersebut, kemudian terikat pada atom karbon lain. Manfaat alkohol dalam kehidupan sangat banyak. Alkohol bisa digunakan untuk kebutuhan medis, otomotif, kecantikan, dan campuran bahan minuman.


Namun apa yang terjadi jika alkohol tidak dinikmati secara wajar dan cenderung berlebihan. Pasti dampak negatif yang akan selalu muncul. Sebelum membahas lebih jauh, anda perlu tahu terlebih dahulu apa itu minuman beralkohol. Minuman beralkohol adalah minuman yang mengandung etanol. Etanol adalah bahan psikoaktif dan konsumsinya menyebabkan penurunan kesadaran. Di berbagai negara, penjualan minuman beralkohol dibatasi ke sejumlah kalangan saja, umumnya orang-orang yang telah melewati batas usia tertentu.
Etanol atau jenis alkohol yang biasa terkandung dalam minuman alkohol bisa diproduksi dari proses permentasian buah, gandum, atau ragi. Etanol adalah jenis alkohol yang bisa diciptakan secara alami. Etanol, bahkan, sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan dikenal dengan istilah obat untuk bersenang-senang yang paling tua dan paling banyak digunakan.

Mengkonsumsi minuman beralkohol kini seperti menjadi bagian gaya hidup dari sebagian masyarakat Indonesia.
Berawal dari sekedar coba-coba, banyak yang kemudian akhirnya ketagihan dengan jenis minuman yang satu ini.
Minuman beralkohol memiliki kadar yang berbeda-beda. Misalnya, bir dan soda alkohol (1-7 % alkohol), anggur (10-15 % alkohol), dan minuman keras atau biasa disebut dengan spirit (35-55 % alkohol). Konsentrasi alkohol dalam darah dicapai dalam 30-90 menit setelah diminum.
Selama ini dampak negatif dari konsumsi alkohol berlebih yang paling banyak diketahui orang adalah mabuk semata, dan itupun dapat hilang dengan sendirinya. Tapi ternyata efek negatifnya tidak berhenti sampai disitu saja. Bukan hanya menyebabkan mabuk, namun alkohol juga memiliki dampak negatif lain bagi tubuh. Dampak minuman yang mengandung alkohol tinggi pada manusia adalah merusak sistem metabolis tubuh manusia yang kemudian menimbulkan ketagihan dan merusak sebagian unsur otak.


Cara mencegah pengaruh terhadap Minuman Keras
Seseorang yang telah kecanduan minuman keras ataupun narkoba memang sulit untuk melepaskan diri dari ketergantungannya terhadap barang-barang tersebut, tapi bukan berarti tidak bisa.
Berikut ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melepaskan diri dari jeratan ketergantungan terhadap minuman keras ataupun narkoba :

1. Ciptakan suatu kondisi dimana sipecandu sibuk dengan suatu urusan (sebaiknya urusan yang memang disukainya/hobinya yang positif), sehingga waktunya untuk mengingat barang tersebut sedikit demi sedikit dapat dilupakannya.
2. Ciptakan suatu kondisi agar sipecandu sendiri yang bertekad untuk meninggalkan dunia yang selama ini digelutinya, dan ini merupakan hal yang terbaik dan terpenting.
3. Jika sipecandu sering bermabuk-mabukan dengan teman-temannya, maka sipecandu harus dijauhkan dari pergaulannya.
4. Jika seorang muslim, maka sering-seringlah berjamaah dimesjid, mendengarkan ceramah-ceramah agama dan bergaul dengan para ulama.
5. Keluarga harus lebih sering menasehatinya/mengingatkannya dengan lemah lembut, tentang bahaya minuman keras/narkoba. Jangan memakai kekerasan, mengejek atau memarahinya.


PENUTUP
            Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini,tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahanya,karena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau refrensi yang ada hubunganya dengan judul makalah ini.
            Penulisa banyak berharap para pembaca yang budiman dusi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya.semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya

Kritik Dan Saran:
Akhirnya makalah yang berjudul Bahaya minuman keras ini telah selesai dan semoga makalah yang sedemikian singkat ini bisa bermanfaat bagi kita semua baik itu bagi kalangan remaja sehingga bisa mengerti tentang bahaya minuman keras yang bisa mengerogoti moral kita dan sebagai generasi muda.
            Apabila ada kesalahan dalam penulisan makalah dan bahasa yang kurang baik serta kekurangan dalam isi makalah.Kami mengharapkan kritik dan saran,agar makalah ini lebih baik

Kesimpulan

            Dari makalah di atas bisa ditark kesimpulan bahwa:
1) miras adalah barang yang sangat berbahaya dan bisa merusak susunan syaraf yang bisa merubah sebuah kepribadian seseorang menjadi semakin buruk.
2) miras adalah sumber dari tindakan kriminalitas yang bisa merusak norma dan ketentraman umum.
3) Menimbulkan dampak negative yang mempengaruhi pada tubuh baik secara fisik maupun psikologis
4) pemborosan

2 komentar:

ari yanto mengatakan...

trimakasih infonya... izin kopas ya kawan sukses selalu...

ari yanto mengatakan...

trimakasih infonya... izin kopas ya kawan sukses selalu...

Poskan Komentar

 
Copyright (c) 2010 KUMPULAN PUISI, CERPEN, DAN MAKALAH. Design by WPThemes Expert
Blogger Templates by Buy My Themes.